Wednesday, August 11, 2010

Berisi 180 000 Keping Koin Emas

Sebuah kapal Verenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) ditemukan di dasar laut dengan isi antara lain 180000 koin emas. Seluruh koin dalam kondisi bagus dan nilai taksiran sekitar US$ 1 milion!


Bangkai kapal VOC yang diketahui tenggelam 3 abad lalu tersebut ditemukan oleh para penyelam Hungry di perairan berdekatan salah satu pantai di Brazil, demikian diambil oleh media dari Belanda berdasarkan maklumat media Hungaria, Sabtu (28/11/2009).

"Kapal bernama Voetboog bertiang tiga ini tenggelam pada 29/5/1700, dengan anak kapal 109 orang, membawa muatan yang sangat mahal," ujarnya ketua ekspedisi Attila Szalóky.

Muatan kapal VOC iu antara lain sutera, rempah-rempah, teh, porselein dan 180.000 keping koin emas Belanda. "Benda-benda itu menurut para penyelam dalam nilai yang sangat tinggi" jelas Szalóky.

Menurut Szalóky, kapal tersebut dalam perjalanan dari Batavia (kini Jakarta) menuju Negeria Belanda. Dengan memilih pelayaran melalui perairan Brazil ,anak kapal berharap dapat sampai ke Negera Belanda dengan selamat.

Namun bagaimana akhirnya kapal tenggelam di Samudera Atlantik ,kapal tersebut terkena badai dan akhirnya karam.

No comments:

Post a Comment

kekoh sokmo

Related Posts with Thumbnails