Thursday, September 30, 2010

Ketenangan alam

Misalnya tumbuhan ini dapat menghambat pencemaran, mendatangkan burung-burung, atau menunjukkan tingkat pencemaran udara. Berikut ini beberapa tanaman anti pencemaran :

Pohon Dadap Merah

http://jepretanhape.files.wordpress.com/2009/09/bunga-dadap-merah-15.jpg

Pohon ini baik ditanam di halaman terbuka, kerana boleh mengundang datangnya para burung. Sebabnya berbagai jenis burung suka sekali menyantap buah si dadap merah ini.

2.Pohon Kelengkeng

http://www.sripoku.com/foto/berita/2009/2/23/23-2-2009-biskelengkeng1.jpg

Siapapun tahu betapa enaknya rasa buah kelengkeng. Namun tahukah Anda kalau pohon kelengkeng mampu menyerap pencemaran suara. Itu sebabnya pada fabrik-fabrik yang menggunakan bunyi, ada baiknya menanam pohon ini di dekat bunyi tersebut.

Pohon Bungur dan Mahoni


Bungur dan Mahoni

Dikenal mampu menyerap pencemaran udara. Maka kedua pohon ini sebaiknya ditanam untuk penghijauan di kota-kota besar, dekat jalan yang padat lalu lintasnya. Bukan rahsia lagi kalau kenderaan bermotor menjadi penyumbang terbesar di udara.

Sebaliknya, pohon seperti akasia sebaiknya jangan dijadikan pohon jalur hijau. Mengapa? kerana akasia menjadi salah satu pencetus asma. Begitu juga pohon palem yang indah bentuknya, tak begitu besar manfaatnya.

Lumut

http://id.inter-pix.com/db/nature/trees_leaves/forest_and_trees/m-482012.jpg

Lumut yang menempel di batang pohon mampu mengolah pencemaran udara suatu kawasan. Semakin banyak lumut menempel di sebuah pohon berarti semakin baik kualiti udara di tempat itu.

Tanaman Sirih Belanda (Devil’s Ivy)

http://www.caudata.org/people/JM/pics/plant1.jpg

Tanaman perdu yang boleh tumbuh dimana saja, termasuk di dalam pot di halaman rumah ini mampu menyerap formaldehida dan benzena. Hasilnya rumah pun lebih segar dan lega untuk bernafas.

Bunga Raya

http://desainlansekap.files.wordpress.com/2009/05/hibiscus_rosa-sinensis.jpg

Mampu menyerap nitrogen sehingga membuat paru-paru kita jadi lega. Namun jangan sekali-sekali menanam bunga raya dekat dengan ruang Radiografi. Tanaman ini berfungsi meneruskan radiasi sehingga berbahaya bagi orang di sekitar tempat radiografi tersebut.

Sansevieria

http://sansevieria.eu/wp-content/uploads/2007/08/sansevieria-cultivars.jpg

Kalau bunga raya berfungsi melanjutkan radiasi, tidak demikian dengan tanaman sansevieria ini. Sansevieria mampu menyerap 107 jenis racun, termasuk pencermaran udara, asap rokok (nikotin), hingga radisi nuklear, sehingga sesuai dijadikan penyaman. Oya, kaktus juga boleh menepis radiasi.


Pohon Trembesi

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/jv/2/29/Wit_trembesi.jpg

Mampu menyerap karbondioksida dalam jumlah yang besar, sehingga sangat disarankan untuk ditanam sebagai pohon penghijauan. Namun trambesi memanjangkan dahan yang cukup luas.

No comments:

Post a Comment

kekoh sokmo

Related Posts with Thumbnails