Wednesday, September 1, 2010

Jerung terhebat di dunia

Terdapat 360 species yang terbahagi dari 8 kelas ikan jerung. Beberapa jenis ikan-ikan jerung adalah pemangsa (predators) dan ada juga yang benar-benar jinak. Bentuk dari jerung ini pun berwariasi, ada yang besar, ada juga yang kecil. Di bawah ini adalah 10 jenis ikan jerung terbesar di dunia.

10. Bigeye Thresher Shark

Jenis ikan jerung Bigeye Thresher, Alopias superciliosus, menempati urutan ke-10 jenis jerung terbesar di dunia. Jerung jenis Bigeye Thresher dapat di temukan di daerah laut khatulistiwa dan dapat di temukan di kedalaman 1.650 kaki di dasar laut. Jerung Bigeye Thresher mempunyai ciri khas berwarna abu keunguan dan dapat hidup sepanjang 15.1 kaki dan mencapai besar hingga 795 lbs (360.60 kg).

9. Bluntnose Sixgill Shark

Jerung Bluntnose Sixgill, Hexanchus griseus, adalah jenis jerung ke-9 terbesar di dunia dan sering di kenali dengan jerung sapi. Jerung Bluntnose Sixgill adalah jenis dari family Hexanchidae. Kebanyakan jenis dari saudara jerung ini sudah pupus. Warna dari jenis jerung ini pun bervariasi dari warna coklat hingga mendekati hitam. Jerung-jerung ini dapat hidup hingga sepanjang 15.8 kaki, tetapi jerung lebih besar dengan jenis ini pun pernah terlihat.

8. Thresher Shark

Jerung ini jenis keturunan jerung besar yang dapat hidup sepanjang 18 kaki. Ini yang menyebabkan jerung Thresher menduduki posisi ke-8 jerung terbesar dunia. Jerung ini biasa nya hidup di perairan laut khatulistiwa dunia. Jerung Thresher seringkali terlihat ramping tetapi jangan tertipu oleh muslihat nya, kerana jerung ini dapat mencapai berat hingga 1100 lbs (498.95 kg).

7. Great Hammerhead Shark

http://www.swordfishingcentral.com/albums/hammerhead-shark/great_hammerhead.jpg

Great Hammerhead, Sphyma mokarran adalah jerung terbesar dari semua jenis jerung hammerhead yang dapat hidup sehingga 20 kaki. Great Hammerheads dapat di temukan di seluruh dunia ia yang hidup di perairan khatulistiwa.

Berbeza dengan jerung lainnya, jerung Great Hammerhead ini merasa manusia sebagai bahaya, mereka (Great Hammerheads) bersifat sedikit lebih pemalu di banding jerung - jerung lain, dan sering kali terlihat menghindari manusia. jerung Great Hammerhead terbesar yang pernah di tangkap oleh manusia adalah jenis betina dengan berat 1280 lbs (580,59 kg).

6. Greenland Shark

Jerung Greenland Shark dengan nama latin Somniosus Microcephalus atau di kenal dengan sleeper shark, gurry shark, ground shark, grey shark atau Inuit Eqalussuaq. Jerung ini adalah jerung yang besar dan dapat di temukan di sekitar perairan Atlantic utara, terlebih banyak di dekat Greenland dan Iceland.

Jerung jenis ini dapat hidup sepanjang 21 kaki dan hidup selama 200 tahun. Jerung jenis ini terkenal dengan binatang bertulang punggung yang pernah hidup lama. Mereka cenderung hidup di kedalaman 6600 kaki di bawah permukaan laut, akan tetapi jerung Greenland ini pernah tertangkap kamera di laut cetek serendah 24 kaki.


5. Pacific Sleeper Shark

Jerung Pacific Sleeper, Somniosus pacificus, adalah jerung terberat lainnya yang dapat hidup sepanjang 23 kaki dan berat hingga 800 lbs (362,87 kg). Satu hal yang membuat jerung jenis ini menarik adalah mereka adalah salah satu dari sedikit jenis jerung yang dapat di temukan di daerah suhu rendah (daerah menghadap kutub). Mereka biasanya hidup di laut dalam, dengan kedalaman hingga 6500 kaki di bawah permukaan laut.

4. Tiger Shark

Tiger Shark, Galeocerdo Cuvier menempati urutan ke 4 jerung terbesar di dunia dengan panjang hingga 24.3 kaki. Jerung besar ini mampu hidup hingga 2000 lbs (907,18 kg) dan sangat terkenal dengan kekejamannya.

Tidak hanya memakan semua jenis kehidupan laut, tetapi mereka (Tiger) juga terkenal sering menyerang perenang. Sesuai namanya, jerung ini sangat mirip dengan corak harimau, mereka biasanya hidup di daerah perairan khatulistiwa, tetapi lebih cenderung di sekitar perairan Pacific.

3. Great White Shark

Great White Shark, Carcharodon Carcharias, adalah salah satu dari jerung yang terganas di dunia. Jerung ini dapat hidup sepanjang 26.2 kaki dan berat hingga 5000 lbs (2267.96 kg). Jerung Great White adalah jerung terakhir dari jenis spesies Carcharodon. Jerung ini dapat di temukan di dekat pantai di semua lautan.

2. Basking Shark

Jerung Basking, Cetorhinus Maximus adalah salah satu jerung yang sangat besar dan menjadikan jerung basking ini menempati posisi ikan jerung terbesar ke 2 dunia. Jerung basking ini dapat hidup sepanjang 40 kaki dan pernah tertangkap dengan berat hingga 19 ton. Akan tetapi meskipun berbadan besar, jerung jenis ini cenderung lambat dan bukanlah predator / pemangsa.

1. Whale Shark

Whale Shark, Rhincodon Typus adalah jerung terbesar di dunia. Meskipun besar, jerung paus (Whale Shark) ini juga bukanlah pemangsa, mereka adalah jerung yang bergerak lambat yang hanya memakan phytoplankton atau binatang yang sangat kecil yang hidup di laut.

Jerung paus ini dapat hidup sehingga 41 kaki dan berat hingga 15 ton. Jerung paus ini sama seperti jerung lainnya yang dapat di temukan di sekitar laut khatulistiwa dan perairan yang hangat. Spesies yang berasal dari kehidupan 60 juta tahun yang lalu ini mampu hidup hingga 70 tahun lamanya.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

kekoh sokmo

Related Posts with Thumbnails